IKM di MI KEC. WONOAYU SIDOARJO


Pembelajaran aktif adalah suatu pendekatan pembelajaran di mana peserta didik tidak hanya sebagai penerima informasi, tetapi juga sebagai partisipan aktif dalam proses pembelajaran. Pendekatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan dan keterampilan peserta didik, menggerakkan mereka dari posisi pasif menjadi lebih aktif dalam memahami dan mengaplikasikan materi pelajaran.

Beberapa ciri utama dari pembelajaran aktif melibatkan partisipasi aktif peserta didik, termasuk:

  1. Diskusi Kelompok
  2. Proyek Kolaboratif
  3. Simulasi
  4. Pemecahan Masalah
  5. Praktik Langsung
  6. Refleksi

Pembelajaran aktif memandang peserta didik sebagai individu yang aktif secara kognitif, emosional, dan sosial. Dengan melibatkan peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran, pendekatan ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman, retensi, dan penerapan konsep-konsep pembelajaran.

Modul ajar kurikulum merdeka adalah perangkat pembelajaran yang digunakan oleh pendidik untuk melaksanakan pembelajaran dalam rangka mencapai Profil Pelajar Pancasila dan Capaian Pembelajaran. Modul ajar ini merupakan pengembangan dari capaian pembelajaran dari profil pelajar pancasila yang menjadi sasaran utama. Dalam proses penyusunan modul ajar, guru harus memenuhi komponen yang sudah ditetapkan, namun isi setiap komponen guru bisa memodifikasi sesuai situasi dan keadaan di sekolah masing-masing. 









Kegiatan yang dilaksanakan di MIS Sunan Kalijogo, Wonoayu Sidoarjo, dilaksanakan selama 3 hari dengan fase yang berbeda, mulai dari Fase A untuk Guru-guru Kelas 1 dan 2, Fase B untuk guru kelas 3 dan 4, dan Fase C untuk guru kelas 5 dan 6.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari dari pukul 08.00 - 14.00 WIB, berjalan dengan lancar dan semangat yang tak kendor dari para peserta. 

Materi Diklat Klik disini

Comments

Popular posts from this blog

OPTIMALISASI KOMUNITAS PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

WEB/BLOG DENGAN BLOGGER

VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE