DIGITALISASI PENILAIAN PAUD KURIKULUM MERDEKA


Pembelajaran anak usia dini hendaknya berfokus pada stimulasi berbagai aspek perkembangan agar mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu pembelajaran harus mengacu pada “capaian pembelajaran”.

Capaian pembelajaran akan memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan yang ingin dikembangkan. Adapun lingkup capaian pembelajaran kurikulum merdeka di satuan PAUD sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka yaitu:

  1. Nilai agama dan budi pekerti, yang mencakup kemampuan dasar-dasar agama dan akhlak mulia 
  2. Jati diri, mencakup pengenalan jati diri anak Indonesia yang sehat secara emosi dan sosial dan berlandaskan Pancasila, serta memiliki kemandirian fisik
  3. Dasar-dasar Literasi, Matematika, Sains, Teknologi, Rekayasa, dan Seni yang mencakup kemampuan memahami berbagai informasi dan berkomunikasi serta berpartisipasi  dalam kegiatan pramembaca.

PENILAIAN INTRAKURIKULER
Instrumen Penilaian :

Ceklist

Hasil Karya


Catatan Anekdot


Foto Berseri
Sumber form Penilaian : Wiwin Muhyi Susanti, S.Pd.I, S.Pd 

Pengambilan Template Penilaian Digital

Pembuatan Microsite

dengan s.id


dengan Canva.com

Mengatur Banyak Form ke satu Spreadsheet


Template Microsite Canva klik disini


Comments

Popular posts from this blog

OPTIMALISASI KOMUNITAS PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

WEB/BLOG DENGAN BLOGGER

VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE