Digitalisasi Penilaian PAUD (Tahap I)

Pembelajaran anak usia hendaknya berfokus pada stimulasi berbagai aspek perkembangan agar mereka tumbuh dan berkembang dengan optimal. Oleh karena itu pembelajaran harus mengacu pada “capaian pembelajaran”.

Capaian pembelajaran akan memberikan arah yang sesuai dengan usia perkembangan anak pada semua aspek perkembangan yang ingin dikembangkan.

Adapun lingkup capaian pembelajaran kurikulum merdeka di satuan PAUD sesuai dengan Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 008/H/Kr/2022 Tentang Capaian Pembelajaran pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka ada 4 Instrumen yaitu :

  1. Ceklis
  2. Catatan Anekdot
  3. Hasil Karya
  4. Foto Berseri


Kegiatan yang dilaksanan oleh Ikatan NS-IN TK Wilayah Jawa Timur, pada tanggal 1 - 6 Maret 2023, dengan 1 kali Tatap Muka Virtual pada tanggal 2 Maret 2023, penugasan dan pendampingan di group WA, diikuti lebih dari seratus peserta dari seluruh wilayah Indonesia.

Materi yang disampaiakan tahap I ini adalah pembuatah template Modul Ajar Kurikulum Merdeka dan Pembuatan Penilaian ceklis secara digital dengan memanfaatkan akun belajar. id. Materi yang disampaikan pada tahap I ini adalah 

  1. Prinsip Penilaian Kurikulum Merdeka di PAUD
  2. Ruang Lingkup Penilaian Kurikulum Merdeka di PAUD
  3. Jenis Penilaian Kurikulum Merdeka di PAUD
  4. Pengenalan Akun belajar.id
  5. Pengenalan Google Sheet
  6. Pengenalan Google Form
  7. Membuat Template Modul Ajar dengan Google Sheet
  8. Membuat Penilaian Ceklis dengan Google Form
  9. Link Penilaian dan Penggunaan di Gawai pintar

Alhamdulillaah kegiatan berjalan dengan lancar :

Berikut Rekaman Tatap Muka Virtual tanggal 2 Maret 2023, pukul 14.00 - selesai






Comments

Popular posts from this blog

OPTIMALISASI KOMUNITAS PLATFORM MERDEKA MENGAJAR

WEB/BLOG DENGAN BLOGGER

VIDEO PEMBELAJARAN DENGAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE